Sabtu, 16 Juni 2012


UTANG OBLIGASI
Obligasi adalah suatu istilah yang dipergunakan dalam dunia keuangan yang merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bungannya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran.
TUJUAN PENANAMAN JANGKA PANJANG
Penanaman dalam bentuk Obligasi betujuan :
1.      Memperoleh pendapatan bunga tang tetap setiap periode tertentu, yang dihitung sekian persen dari nilai nominal Obligasi.
2.      Untuk memperoleh uang tunai pada saat dibutuhkan dengan cara menjual surat obligasi itu.
AKUNTANSI PENERBITAN OBLIGASI
ada beberapa istilah dalam akuntansi untuk pencatatan obligasi
- Nilai nominal obligasi adalah nilai yang tercetak atau tercantum pada surat obligasi. Nilai ini menunjukkan jumlah yang harsu dilunasi pada saat obilgasi ini jatuh tempo.
- Tanggal jatuh tempo adalah tanggal dimana obligasi yang telah dikeluarkan harus dibayar.
- Bunga obligasi adalah biaya yang harus dibayarkan selain pembayaran untuk nilai nominal obligasi. Bunga ini bisa dibayarkan setiap bulan, atau bisa juga dibayar tiap tahun. Bunga obligasi ini dihitung berdasarkan prosentase tertentu dari nilai nominal obligasi.
- Tanggal bunga adalah tanggal pembayaran bunga obligasi. Biasanya dalam satu tahun dibayar dua kali.
 PENCATATAN PENGELUARAN OBLIGASI
Obligasi yang dikeluarkan dicatat dalam rekeningnnya sebesar nilai nominal. Dalam hal harga jual obligasi tidak sama dengan nominal, selisihnya dicatat tersendiri yaitu bila dijual diatas nominal selisihnya dicatat dalam rekening agio obligasi, jika harga jualnya dibawah harga jual nominal, selisihnya dicatat dalam rekening disagio obligasi.
Biaya penjualan obligasi diperhitungkan sebagai pengurang harga jual dan tidak dicatat dalam rekening tersendiri. Apabila obligasi itu dikeluarkan untuk menukar aktiva tetap, pencatatannya dilakukan dengan jumlah sebesar harga jual obligasi.
Pengeluaran obligasi dapat dicatat dengan dua cara yaitu:
a.       Yang dicatat hanya obligasi yang terjual atau
b.      Obligasi yang terjual dan yang belum terjual dicatat.
 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN UTANG WESEL DAN UTANG OBLIGASI
Obligasi dikeluarkan oleh perusahaan biasanya untuk memenuhi kebutuhan modal jangka panjang atau untuk kegiatan investasi. Sedangkan utang wesel biasanya untuk memenuhi permodalan perusahaan dalam jangka pendek, utang wesel ini biasanya digunakan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan.
Kerugian mengeluarkan utang obligasi yaitu beban bunga yang besar dan terus-menerun sampai beberapa tahun ke depan. Kerugian mengeluarkan utang wesel yaitu harus cepat-cepat mengembalikan utang dalam jangka waktu yang singkat.

http://akuntansi-unila.blogspot.com/2012/06/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar